GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
SILABUS
DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Dosen Pengampu :
Dwi Sukmanila Sayska, M.I.S.
Mata Kuliah :
Tafsir Hadis Tarbawi
Jurusan/ Prodi :
Tarbiyah/ PBA
Semester/Unit :
V (Lima)
Bobot SKS :
2 SKS
Alokasi Waktu : 16 x
Tatap Muka
1.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini
menyajikan pembahasan tentang tafsir ayat-ayat pendidikan dalam al-Quran dan
hadis. Diawali dengan mengkaji ayat-ayat dan hadis tentang kewajiban menuntut
ilmu, keutamaan orang yang menuntut ilmu dan tujuan pendidikan menurut al-Quran
dan hadis sehingga tampak perbedaan tujuan pendidikan bagi seorang muslim dan
non muslim. Selanjutnya dibahas tentang metode pengajaran dalam al-Quran dan
dari keteladanan Rasulullah mendidik sahabatnya serta pembahasan tentang konsep
evaluasi dalam al-Quran dan hadis untuk memberi gambaran pada mahasiswa sebagai
calon guru bahwa pendidikan harus mempunyai sistim evaluasi yang terukur.
Mahasiswa juga di diperkenalkan karakter dan prilaku pendidik dan peserta didik
dalam persfektif al-Quran dan hadis. Dalam materi pendidikan mahasiswa akan
dibimbing untuk mengenal karakter pendidik mulai dari materi akidah, ibadah dan
akhlak yang seharusnya akan dibekalkan kepada para pelajar berdasarkan al-Quran
dan sunnah.
2. Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap ayat-ayat al-Quran dan hadis dalam
bidang pendidikan untuk bekal menjadi sebagai pengelola pendidikan Islam dan
sekolah di masa mendatang.
3. Pendekatan
Pembelajaran
· Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan
perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan
3) pendekatan active learning.
·
Metode : ceramah, tanya jawab dan
diskusi
·
Tugas dalam perkuliahan ini terdiri:
a.
Presentasi I
Tugas kelompok
sebelum ujian tengah semester, berupa mempresentasikan ringkasan materi yang
ditentukan. Ringkasan materi dibuat ringkas dan semenarik mungkin dalam slide power point untuk mendukung penjelasan materi yang dipresentasikan.
b.
Pembuatan
malakah dan presentrasi II
Tugas kelompok berupa pembuatan makalah yang dikerjakan
oleh masing-masing kelompok dan
dikumpulkan ketika ujian mid semester. Makalah harus disertai bahan rujukan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan
merupakan hasil karya orisinal dari tim tersebut. Makalah dipresentasikan setelah ujian
tengah semester dengan menggunakan metode active learning. Perbaikan
makalah harus diserahkan menjelang ujian akhir semester.
4. Kriteria
Evaluasi
No.
|
Jenis Tagihan
|
Bobot (%)
|
1
|
Kedisiplinan
|
5%
|
2
|
Tugas kelompok (Makalah dan presentasi)
|
20%
|
3
|
Ujian Tengah Semester
|
25%
|
4
|
Quiz
|
10%
|
5
|
Ujian Akhir Semester
|
35%
|
Jumlah (Nilai Akhir)
|
100%
|
5. Rincian Materi Pembelajaran
No
|
Topik Inti
|
1
|
Perkenalan,
kontrak perkuliahan,
pengenalan singkat mata kuliah
|
2
|
Pengertian Tafsir dan Hadis Tarbawi,
Bentuk-bentuk tafsir dan Metode Penafsiran
|
3
|
Kewajiban Menuntut Ilmu dalam al-Quran
·
QS.
Al-‘Alaq 1-5: Perintah Membaca
·
QS.
At-Taubah 122: Perintah untuk tafaqquh fi ad-diin
·
QS.
An-Nahl 43-44: Perintah untuk bertanya kepada Ulama
Hadis tentang Kewajiban Menuntut Ilmu
|
4
|
Tujuan Pendidikan dalam al-Quran
·
QS Az
Dzariyat 56: Beribadah Kepada Allah swt
·
QS Ali
Imran 110: Menegakkan kebaikan dan Mencegah kemunkaran
·
QS Almaidah
15-16: Menunjuki ke Jalan yang Lurus
Hadis tentang Tujuan Pendidikan dalam al-Quran
|
5
|
Metode Pendidikan dalam Al-Quran
·
QS An Nahl
75-76: Metode Perumpamaan
·
QS An Nahl 125:
Metode Penjelasan dengan Hikmah, Nasehat dan Diskusi
·
QS Yusuf
111: Metode Kisah
Hadis tentang Metode Pendidikan dalam
Al-Quran
|
6
|
Media Pendidikan
·
al-Nahl:
89: media Al-Quran/kitab
·
Luqman
10-11 dan Ali Imran ayat 109-191: media alam
Hadis tentang Media Pendidikan
|
7
|
Evaluasi Pendidikan
·
Al-Ankabut
2-3: ujian keimanan
·
Qaf 17-18:
malaikat pengawas yang mencatat semua amal
·
Al-Hujurat
13: diciptakan berbagai bangsa, yang terbaik adalah yang bertakwa
Hadis tentang Evaluasi Pendidikan
|
8
|
Ujian Tengah Semester: Hafalan
|
9
|
Ujian Tengah Semester: Tulisan
|
10
|
Karakter Pendidik dalam al-Quran
·
QS Ali
Imran 159: Lemah Lembut dan Pemaaaf
·
QS Thaha
43-44: Perkataan yang lembut dan Sopan
·
QS Thaha
132: Sabar
Hadis tentang Karakter Pendidik dalam
al-Quran
|
11
|
Keutamaan menuntut ilmu
·
QS.
Al Mujadilah 11: Ditinggikan Derajat
·
QS
Az Zumar 09: Dapat Mengambil Pelajaran
·
QS
Fathir 28: Takut Kepada Allah
Hadis tentang Keutamaan menuntut ilmu
|
12
|
Materi Pendidikan Akidah
·
QS al-Ikhlas
1-4 dan Luqman ayat 13: Tauhid
·
QS al-Baqarah
285: Rukun Iman
·
QS al-Qariah
1-8: Iman Kepada Hari Akhir
Hadis tentang Materi Pendidikan Akidah
|
13
|
Materi Pendidikan Ibadah
·
QS Luqman
17 dan Thaha 142: Shalat
·
QS Al
Baqarah 183-184: Puasa
·
QS Al Hajj
27-29: Haji
Hadis tentang Materi Pendidikan Ibadah
|
14
|
Materi Pendidikan Akhlak dan Adab
· QS Al Isra 23-24: Berbakti
pada Orang Tua dan Mendoakannya
· QS Luqman 18-19: Larangan
Sombong dan Bersuara Keras
· QS Al Hujurat 11-12: Larangan
Menghina, buruk sangka dan Bergunjing
Hadis tentang Pendidikan Akhlak dan Adab
|
15
|
Ujian Akhir
Semester: Hafalan
|
16
|
Ujian Akhir
Semester: Tulisan
|
6. Sumber
Bacaan
1.
Kitab-kitab
tafsir melalui Maktabah Syamilah
2. Kitab-kitab Matan Hadis melalui Maktabah Syamilah
3. Kitab-kitab
syarah hadis melalui Maktabah Syamilah
4.
Modul tafsir
dan hadis tarbawi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar