Minggu, 17 September 2017

Silabus Tafsir Hadis Tarbawi PBA 2017/2018

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                          GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Dosen Pengampu        : Dwi Sukmanila Sayska, M.I.S.
Mata Kuliah                : Tafsir Hadis Tarbawi
Jurusan/ Prodi             : Tarbiyah/ PBA
Semester/Unit             : V (Lima)
Bobot SKS                    : 2 SKS
Alokasi Waktu             : 16 x Tatap Muka

1.      Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini menyajikan pembahasan tentang tafsir ayat-ayat pendidikan dalam al-Quran dan hadis. Diawali dengan mengkaji ayat-ayat dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu, keutamaan orang yang menuntut ilmu dan tujuan pendidikan menurut al-Quran dan hadis sehingga tampak perbedaan tujuan pendidikan bagi seorang muslim dan non muslim. Selanjutnya dibahas tentang metode pengajaran dalam al-Quran dan dari keteladanan Rasulullah mendidik sahabatnya serta pembahasan tentang konsep evaluasi dalam al-Quran dan hadis untuk memberi gambaran pada mahasiswa sebagai calon guru bahwa pendidikan harus mempunyai sistim evaluasi yang terukur. Mahasiswa juga di diperkenalkan karakter dan prilaku pendidik dan peserta didik dalam persfektif al-Quran dan hadis. Dalam materi pendidikan mahasiswa akan dibimbing untuk mengenal karakter pendidik mulai dari materi akidah, ibadah dan akhlak yang seharusnya akan dibekalkan kepada para pelajar berdasarkan al-Quran dan sunnah.

2.     Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap ayat-ayat al-Quran dan hadis dalam bidang pendidikan untuk bekal menjadi sebagai pengelola pendidikan Islam dan sekolah di masa mendatang.

3.    Pendekatan Pembelajaran
·    Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan              
3) pendekatan active learning.
·    Metode :  ceramah, tanya jawab dan diskusi
·    Tugas dalam perkuliahan ini terdiri: 
a.      Presentasi I
Tugas kelompok sebelum ujian tengah semester, berupa mempresentasikan ringkasan materi yang ditentukan. Ringkasan materi dibuat ringkas dan semenarik mungkin dalam slide power point untuk mendukung penjelasan materi yang dipresentasikan.

b.      Pembuatan malakah dan presentrasi II
Tugas kelompok berupa pembuatan makalah yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok dan dikumpulkan ketika ujian mid semester. Makalah harus disertai bahan rujukan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan hasil karya orisinal dari tim tersebut. Makalah dipresentasikan setelah ujian tengah semester dengan menggunakan metode active learning. Perbaikan makalah harus diserahkan menjelang ujian akhir semester.

4.    Kriteria Evaluasi
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kedisiplinan
5%
2
Tugas kelompok (Makalah dan presentasi)
20%
3
Ujian Tengah Semester
25%
4
Quiz
10%
5
Ujian Akhir Semester
35%
Jumlah (Nilai Akhir)
100%
5.    Rincian Materi Pembelajaran
No
Topik Inti
1
Perkenalan, kontrak perkuliahan, pengenalan singkat mata kuliah
2
Pengertian Tafsir dan Hadis Tarbawi, Bentuk-bentuk tafsir dan Metode Penafsiran
3
Kewajiban Menuntut Ilmu dalam al-Quran
·         QS. Al-‘Alaq 1-5: Perintah Membaca
·         QS. At-Taubah 122: Perintah untuk tafaqquh fi ad-diin
·         QS. An-Nahl 43-44: Perintah untuk bertanya kepada Ulama
Hadis tentang Kewajiban Menuntut Ilmu
4
Tujuan Pendidikan dalam al-Quran
·      QS Az Dzariyat 56: Beribadah Kepada Allah swt
·      QS Ali Imran 110: Menegakkan kebaikan dan Mencegah kemunkaran
·      QS Almaidah 15-16: Menunjuki ke Jalan yang Lurus
Hadis tentang Tujuan Pendidikan dalam al-Quran
5
Metode Pendidikan dalam Al-Quran
·      QS An Nahl 75-76: Metode Perumpamaan
·      QS An Nahl 125: Metode Penjelasan dengan Hikmah, Nasehat dan Diskusi
·      QS Yusuf 111: Metode Kisah
Hadis tentang Metode Pendidikan dalam Al-Quran
6
Media Pendidikan
·         al-Nahl: 89: media Al-Quran/kitab
·         Luqman 10-11 dan Ali Imran ayat 109-191: media alam
Hadis tentang Media Pendidikan
7
Evaluasi Pendidikan
·         Al-Ankabut 2-3: ujian keimanan
·         Qaf 17-18: malaikat pengawas yang mencatat semua amal
·         Al-Hujurat 13: diciptakan berbagai bangsa, yang terbaik adalah yang bertakwa
Hadis tentang Evaluasi Pendidikan
8
Ujian Tengah Semester: Hafalan
9
Ujian Tengah Semester: Tulisan
10
Karakter Pendidik dalam al-Quran
·      QS Ali Imran 159: Lemah Lembut dan Pemaaaf
·      QS Thaha 43-44: Perkataan yang lembut dan Sopan
·      QS Thaha 132: Sabar
Hadis tentang Karakter Pendidik dalam al-Quran
11
Keutamaan menuntut ilmu
·      QS. Al Mujadilah 11: Ditinggikan Derajat
·      QS Az Zumar 09: Dapat Mengambil Pelajaran
·      QS Fathir 28: Takut Kepada Allah
Hadis tentang Keutamaan menuntut ilmu
12
Materi Pendidikan Akidah
·      QS al-Ikhlas 1-4 dan Luqman ayat 13: Tauhid
·      QS al-Baqarah 285: Rukun Iman
·      QS al-Qariah 1-8: Iman Kepada Hari Akhir
Hadis tentang Materi Pendidikan Akidah
13
Materi Pendidikan Ibadah
·      QS Luqman 17 dan Thaha 142: Shalat
·      QS Al Baqarah 183-184: Puasa
·      QS Al Hajj 27-29: Haji

Hadis tentang Materi Pendidikan Ibadah
14
Materi Pendidikan Akhlak dan Adab
·      QS Al Isra 23-24: Berbakti pada Orang Tua dan Mendoakannya
·      QS Luqman 18-19: Larangan Sombong dan Bersuara Keras
·      QS Al Hujurat 11-12: Larangan Menghina, buruk sangka dan Bergunjing

Hadis tentang Pendidikan Akhlak dan Adab
15
Ujian Akhir Semester: Hafalan
16
Ujian Akhir Semester: Tulisan


6.    Sumber Bacaan
1.      Kitab-kitab tafsir melalui Maktabah Syamilah
2.   Kitab-kitab Matan Hadis melalui Maktabah Syamilah
3.   Kitab-kitab syarah hadis melalui Maktabah Syamilah

4.      Modul tafsir dan hadis tarbawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar