Minggu, 17 September 2017

Silabus Hadis I IAT 2017/2018

Description: Untitled-1.jpgSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                          GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Dosen Pengampu        : Dwi Sukmanila Sayska, M.I.S.
Mata Kuliah                : Hadis I
Jurusan/ Prodi             : Ushuluddin dan Dakwah/ IAT
Semester/Unit             : III (Tiga)
Bobot SKS                    : 2 SKS
Alokasi Waktu             : 16 x Tatap Muka

1.      Deskripsi Mata Kuliah


            Mata kuliah Hadis I membahas hadis-hadis yang berkaitan dengan akidah, keimanan, konsep amar ma’ruf nahi munkar, hak-hak sesama muslim dan penghormatan pada keluarga Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dan para ulama. Topik pembahasan dalam mata kuliah ini mengacu pada bab-bab awal hingga pertengahan dari kitab Riyadhushshalihin karangan Imam An-Nawawi, yang memuat gabungan hadis-hadis maqbul (berstatus shahih dan hasan) sesuai tema tertentu dengan menampilkan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan tema hadis. Hadis-hadis di dalam kitab ini beliau rujuk dari kitab Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmizi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad bin Hanbal dan kitab hadis mu’tabar lainnya. Selanjutnya, dalam mata kuliah ini mahasiswa dibimbing untuk mengacu pada kitab-kitab syarah hadis untuk mendapatkan penjelasan yang komprehensif tentang pemahaman hadis-hadis dalam satu tema.

2.     Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata ajaran ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya berupa:
1.      Pemahaman komprehensif mengenai hadis-hadis yang terkait dengan akidah dan keimanan
2.      Mengetahui dan memahami konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar melalui hadis
3.      Mengenal dan memahami hak-hak sesama muslim, hak suami – istri, hak orang tua dan tetangga
4.      Mengetahui dan memahami kewajiban memuliakan keluarga Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan menghormati ulama
5.      Mengenal tokoh-tokoh shahabat Rasulullah yang meriwayatkan hadis yang dibahas

3.    Pendekatan Pembelajaran
·    Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan              
3) pendekatan active learning.
·    Metode :  ceramah, tanya jawab dan diskusi
·    Tugas dalam perkuliahan ini terdiri: 
a.      Presentasi I
Tugas kelompok sebelum ujian tengah semester, berupa mempresentasikan ringkasan materi yang ditentukan. Penjelasan materi harus merujuk pada kitab syarah hadis.

b.      Pembuatan malakah dan presentrasi II
Tugas kelompok berupa pembuatan makalah yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok dan dikumpulkan ketika ujian mid semester. Makalah harus disertai bahan rujukan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan hasil karya orisinal dari tim tersebut. Makalah dipresentasikan setelah ujian tengah semester dengan menggunakan metode active learning sehingga mampu meningkatkan antusias peserta dalam proses pembelajaran. Perbaikan makalah harus diserahkan menjelang ujian akhir semester.



4.    Kriteria Evaluasi
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kedisiplinan
5%
2
Tugas kelompok (Makalah dan presentasi)
20%
3
Ujian Tengah Semester
25%
4
Quiz
10%
5
Ujian Akhir Semester
35%
Jumlah (Nilai Akhir)
100%

5.    Rincian Materi Pembelajaran
No
Topik Inti
1
Perkenalan, kontrak perkuliahan, pengenalan singkat mata kuliah
2
Bab Niat Ikhlas
3
Bab Sabar
4
Bab Muraqabah: Merasa diawasi Allah
5
Bab Tawakal dan Yakin
6
Mujahadah: Sungguh-sungguh
7
Amar Ma’ruf Nahi Munkar
8
Mid Semester: Hafalan Hadis
9
Mid Semester: Ujian Tulis
10
Haramnya Kezhaliman
11
Wasiat Berbuat Baik Pada Wanita dan Kewajiban Nafkah kepada Istri
12
Hak Suami atas Istri dan Hak tetangga
13
Berbuat Baik Pada Orang Tua
14
Memuliakan keluarga Rasulullah dan Menghormati Ulama
15
Tawadhu
16
Ujian Akhir Semester: Lisan – tulisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar