Minggu, 17 September 2017

Silabus Hadis III IAT 2017/2018

Description: Untitled-1.jpgSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                          GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
TAHUN AKADEMIK 2017/2018
 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Dosen Pengampu        : Dwi Sukmanila Sayska, M.I.S.
Mata Kuliah                : Hadis III
Jurusan/ Prodi             : Ushuluddin dan Dakwah/ IAT
Semester/Unit             : V (Lima)
Bobot SKS                    : 2 SKS
Alokasi Waktu             : 16 x Tatap Muka

1.      Deskripsi Mata Kuliah

            Mata kuliah Hadis III membahas hadis-hadis yang berkaitan dengan adab/akhlak, berbagai larangan dalam Islam, doa dan zikir yang ma’tsur dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam serta kejadian akhir zaman dan peristiwa kiamat. Topik pembahasan dalam mata kuliah ini mengacu pada bab-bab akhir dari kitab Riyadhushshalihin karangan Imam An-Nawawi, yang memuat gabungan hadis-hadis maqbul (berstatus shahih dan hasan) sesuai tema tertentu dengan menampilkan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan tema hadis. Hadis-hadis di dalam kitab ini beliau rujuk dari kitab Shahih al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmizi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad bin Hanbal dan kitab hadis mu’tabar lainnya. Selanjutnya, dalam mata kuliah ini mahasiswa dibimbing untuk mengacu pada kitab-kitab syarah hadis untuk mendapatkan penjelasan yang komprehensif tentang pemahaman hadis-hadis dalam satu tema.

2.     Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata ajaran ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya berupa:
1.      Pemahaman komprehensif mengenai hadis-hadis tentang adab dan akhlak dalam Islam
2.      Mengetahui dan memahami larangan-larangan dalam Islam yang dirincikan dalam hadis
3.      Mengenal dan menghafal doa dan zikir yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam
4.      Mengetahui dan memahami kejadian-kejadian akhir zaman dan peristiwa kiamat yang diberitakan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam
5.      Mengenal tokoh-tokoh shahabat yang meriwayatkan hadis-hadis yang dibahas.

3.    Pendekatan Pembelajaran
·    Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan              
3) pendekatan active learning.
·    Metode :  ceramah, tanya jawab dan diskusi
·    Tugas dalam perkuliahan ini terdiri: 
a.      Presentasi I
Tugas kelompok sebelum ujian tengah semester, berupa mempresentasikan ringkasan materi yang ditentukan. Pemateri harus menyertakan penjelasan dari kitab syarah hadis.

b.      Pembuatan malakah dan presentrasi II
Tugas kelompok berupa pembuatan makalah yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok dan dikumpulkan ketika ujian mid semester. Makalah harus disertai bahan rujukan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan hasil karya orisinal dari tim tersebut. Makalah dipresentasikan setelah ujian tengah semester dengan menggunakan metode active learning sehingga mampu meningkatkan antusias peserta dalam proses pembelajaran. Perbaikan makalah harus diserahkan menjelang ujian akhir semester.





4.    Kriteria Evaluasi
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kedisiplinan
5%
2
Tugas kelompok (Makalah dan presentasi)
20%
3
Ujian Tengah Semester
25%
4
Quiz
10%
5
Ujian Akhir Semester
35%
Jumlah (Nilai Akhir)
100%

5.    Rincian Materi Pembelajaran
No
Topik Inti
1
Perkenalan, kontrak perkuliahan, pengenalan singkat mata kuliah
2
Kitab Adab Bicara dan Dalam Majelis
3
Kitab Adab Makan
4
Kitab Adab Pakaian dan Tidur
5
Kitab Adab Salam
6
Kitab Adab Mengunjungi Orang Sakit dan orang meninggal
7
Kitab Adab Safar/Perjalanan
8
Mid Semester: Hafalan Hadis
9
Mid Semester: Ujian Tulis
10
Kitab Zikir dan Do’a
11
Kitab Larangan-Larangan
12
Kitab Larangan-Larangan
13
Bab Tentang Dajjal
14
Bab Tentang Hari Kiamat
15
Kitab Istighfar
16
Ujian Akhir Semester: Lisan – tulisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar