Minggu, 12 Februari 2017

Silabus Hadis II IAT 2016/2017

Description: Untitled-1.jpgSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                          GAJAH PUTIH TAKENGON ACEH TENGAH, ACEH
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Dosen Pengampu        : Dwi Sukmanila Sayska, M.I.S.
Mata Kuliah                : Hadis II
Jurusan/ Prodi             : Ushuluddin dan Dakwah/ IAT
Semester/Unit             : IV (Empat)
Bobot SKS                    : 2 SKS
Alokasi Waktu             : 16 x Tatap Muka

1.      Deskripsi Mata Kuliah


            Mata kuliah Hadis II membahas hadis-hadis pilihan yang berkaitan dengan ibadah seorang muslim yang terdapat dalam kitab Lulu’ wal Marjan. Hadis-hadis di dalam kitab ini beliau rujuk dari kitab Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim yang merupakan kitab hadis paling otentik yang disepakati ulama Ahlussunnah wal Jama’ah sepanjang zaman sehingga dapat dijadikan pedoman ibadah seorang muslim setelah kitab suci Al-Quranul karim. Pembahasan hadis dalam mata kuliah ini difokuskan pada hadis0hadis ibadah, dimulai dari bab Thaharah hingga bab Selanjutnya, dalam mata kuliah ini mahasiswa dibimbing untuk mengacu pada kitab-kitab syarah hadis untuk mendapatkan penjelasan yang komprehensif tentang pemahaman hadis-hadis dalam satu tema.

2.     Kompetensi Mata Kuliah
Setelah mengikuti mata ajaran ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya berupa:
1.      Pemahaman komprehensif mengenai hadis-hadis yang terkait dengan akidah dan keimanan
2.      Mengetahui dan memahami konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar melalui hadis
3.      Mengenal dan memahami hak-hak sesama muslim, hak suami – istri, hak orang tua dan tetangga
4.      Mengetahui dan memahami kewajiban memuliakan keluarga Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan menghormati ulama
5.      Mengenal tokoh-tokoh shahabat Rasulullah yang meriwayatkan hadis yang dibahas

3.    Pendekatan Pembelajaran
·    Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan yaitu:
1) pendekatan ekspositori,
2) pendekatan inkuiri dan              
3) pendekatan active learning.
·    Metode :  ceramah, tanya jawab dan diskusi
·    Tugas dalam perkuliahan ini terdiri: 
a.      Presentasi I
Tugas kelompok sebelum ujian tengah semester, berupa mempresentasikan ringkasan materi yang ditentukan. Penjelasan materi harus merujuk pada kitab syarah hadis.

b.      Pembuatan malakah dan presentrasi II
Tugas kelompok berupa pembuatan makalah yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok dan dikumpulkan ketika ujian mid semester. Makalah harus disertai bahan rujukan dari berbagai sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan hasil karya orisinal dari tim tersebut. Makalah dipresentasikan setelah ujian tengah semester dengan menggunakan metode active learning sehingga mampu meningkatkan antusias peserta dalam proses pembelajaran. Perbaikan makalah harus diserahkan menjelang ujian akhir semester.

4.    Kriteria Evaluasi
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kedisiplinan
5%
2
Tugas kelompok (Makalah dan presentasi)
20%
3
Ujian Tengah Semester
25%
4
Quiz
10%
5
Ujian Akhir Semester
35%
Jumlah (Nilai Akhir)
100%

5.    Rincian Materi Pembelajaran
No
Topik Inti
1
Perkenalan, kontrak perkuliahan, pengenalan singkat mata kuliah
2
Bab Thaharah
3
Bab Shalat
4
Bab Shalat Sunat
5
Bab Jenazah
6
Bab Zakat
7
Bab Puasa
8
Mid Semester: Hafalan Hadis
9
Mid Semester: Ujian Tulis
10
Bab Haji
11
Bab Pernikahan
12
Bab Perceraian
13
Bab Jual Beli
14
Bab Faraidh
15
Bab Hudud
16
Ujian Akhir Semester: Lisan – tulisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar